Kiat Menggunakan Mobil Pribadi Saat Liburan

  • March 17, 2020

Bepergian ke luar kota bersama keluarga lebih praktis dengan kendaraan pribadi daripada harus menggunakan transportasi umum, seperti bus. Selain menjadi lebih santai, kita dapat membuat rencana sendiri kapan kita mencapai tujuan  dan kapan kita akan berada di sana.

Jika Anda tidak memiliki mobil pribadi atau mobil Anda dalam kondisi yang sangat buruk, sekarang saatnya untuk menemukan solusi, menggunakan layanan penyewaan mobil di sekitar Anda, seperti Sewa elf untuk  keluarga besar.

Tapi ada baiknya sebelum memutuskan untuk berlibur atau bepergian dengan mobil pribadi, Anda perlu memperhatikan hal-hal berikut:

1. Cek keamanan kendaraan

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan adalah mobil itu tersedia untuk perjalanan jarak jauh. Keamanan mobil harus diperhitungkan, misalnya, kondisi mesin, rem, oli, baterai, peredam kejut, ban, lampu, dan bagian lainnya. Mereka masih dalam kondisi baik atau tidak. Karena jika tidak, itu akan berakibat fatal bagi perjalanan. Sebaiknya, sebelum berangkat, untuk membuat kendaraan dinas pertama yang harus melakukan perjalanan.

Bagaimana dengan sewa mobil? Bagi mereka yang berniat menyewa mobil, lebih baik memberi tahu pemiliknya bahwa mobil akan melakukan perjalanan jauh, dan mengajukan permohonan mobil dalam kondisi terbaik. Tentu saja, pemilik persewaan mobil juga tidak ingin properti mereka salah ketika mereka menyewa mobil kelas satu untuk perjalanan.

2. Pastikan bahwa beban tidak melebihi kapasitansi

Dengan siapa kamu akan pergi berlibur? Dengan teman atau keluarga? Berapa banyak penumpang yang akan berlibur? Penting untuk mengingat hal ini, karena kendaraan untuk perjalanan jauh tidak boleh melebihi kapasitas muatan agar aman selama perjalanan. Jangan biarkan sedan dengan lima orang mengisi 6 hingga 7 orang. Idealnya, sekalipun 4-5 orang. Belum lagi barang bawaannya. Adapun jenis minibus, sangat ideal untuk 7-8 orang.

Ini juga dilakukan untuk kenyamanan Anda dan teman perjalanan Anda. Selain tekanan dan keramaian karena penumpang dan barang-barang mereka di dalam mobil, kelebihan muatan dapat secara negatif mempengaruhi kecepatan kendaraan. Mobil dengan kelebihan muatan akan menjadi tidak stabil karena penskorsan dan pemuatan ban akan meningkat, menyebabkan pengoperasian komponen-komponen ini tidak tepat.

3. Perhatikan medan jalannya.

Ini menunjukkan tujuan wisata anda. Anda akan berlibur di tepi laut, di pegunungan, atau hanya menjelajahi liku-liku kota orang. Misalnya, Anda akan menuju ke puncak, Bogor, yang berarti bahwa jalan menuju ke sana didominasi oleh jalur naik dan turun.

Jika Anda hanya ingin berkeliaran di Bandung, ingat setidaknya rute, tahu kapan tidak menyentuh bagian atau tiang yang tidak bersalah. Ada beberapa jalan satu arah di sana.

4. Bawalah cukup uang dan persediaan

Saat bepergian jarak jauh, lengkapi diri Anda dengan cukup uang dan persediaan. Uang dimaksudkan untuk melindungi Anda dari kebutuhan perjalanan Anda. Jangan dibayar saat Anda kehabisan bahan bakar atau kehilangan ban

Selain itu, barang yang dimaksud adalah camilan selama penerbangan. Apalagi jika sulit mencari tempat makan saat bepergian. Tapi ingat jangan membawa makanan terlalu banyak sampai kabinnya tidak penuh.

5. Lengkapi mobil dengan asuransi mobil

Kita tidak pernah tahu risiko yang bisa terjadi di sepanjang jalan. Sebagai tindakan pencegahan, lengkapi mobil Anda dengan asuransi mobil. Terutama bagi mereka yang telah mendaftar untuk perjalanan mobil pribadi, asuransi mobil dapat menjadi teman yang baik, dan siap membantu jika terjadi masalah mobil.

6. Utamakan keselamatan selama perjalanan

Yang terpenting adalah keselamatan Anda dan teman perjalanan Anda. Karena itu, hindari hal-hal berbahaya saat berlalu lintas, seperti rambu-rambu lalu lintas, kebut-kebutan, tidak mengenakan sabuk pengaman, dll. Juga, istirahat jika Anda lelah mengemudi, jadi jangan stress, ketika Anda lelah atau ngantuk. Menepilah ke sisi jalan atau restoran untuk beristirahat dan meregangkan otot Anda. Berhati-hatilah di jalan.

Fachri

E-mail : admin@ilonka.org

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*